Pemberdayaan UMKM, Dinas KUKMP gandeng FE UMP

Purworejo - Dalam rangka memperkuat pemberdayaan UMKM berbasis klaster, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Purworejo menggandeng Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kerjasama ini dituangkan dalam perjanjian kerjasama yang diharapkan mampu mengoptimalkan potensi  produk unggulan kabupaten Purworejo.

Bambang Susilo selaku kepala Dinas KUKMP mengatakan jika ada 3 proyek strategis nasional yaitu bandara, badan otorita Borobudur dan Bendung Bener dan masing masing nantinya punya potensi bagi UMKM untuk berkembang. Kami yakin UMP paham dengan wilayah purworejo, potensinya dan karakternya.

"Jadi kami berharap potensi lokal seperti UKM bambu, gula merah dan produk olahan makanan berbahan baku beras mampu ditingkatkan menjadi produk unggulan," Ucap Kepala Dinas KUKMP ini. Senada dengan itu, Dekan Fakultas Ekonomi UMP, Dr. Dwi Irawati mengatakan jika kerjasama ini bermanfaat bagi lembaga terutama mahasiswa. Mahasiswa akan belajar lebih banyak ketika berhadapan dengan UMKM. "Senang rasanya bisa ikut memajukan UMKM purworejo melalui kerjasama ini," ucap Dekan FE UMP ini.

Sinergi pemerintah daerah dengan perguruan tinggi ini diharapkan mampu mengangkat kinerja UMKM. UMKM yang bagus nantinya akan mensejahterakan pelakunya dan masyarakat sekitar yang terlibat.""